07 September, 2009

Silabus Fisika Kelas 11

SILABUS
Nama Madrasah : MA PPMI Assalaam
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : XI/1 Alokasi Waktu per Semester: 72 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 1. Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber/ Bahan/Alat
1.1 Menganalisis gerak lurus, gerak melingkar dan gerak parabola dengan menggunakan vektor
Perpaduan gerak antara:
• glb dan glb
• glb dan glbb

Gerak parabola

Gerak melingkar dengan percepatan konstan • Mengidentifikasi katrakteristik perpaduan gerak translasi pada beberapa gerak melalui presentas, percobaan atau demonstrasi di kelas secara klasikal (misalnya gerak mobil mainan di atas triplek yang bergerak)
• Menganalisis vektor perpindahan, vektor kecepatan, dan vektor percepatan pada gerak dalam bidang datar (gerak parabola, gerak melingkar) melalui kegiatan diskusi di kelas
• Menerapkan analisis vektor perpindahan, vektor kecepatan, dan vektor percepatan pada gerak dalam bidang datar (parabola dan melingkar) dalam diskusi pemecahan masalah • Menganalisis besaran perpindahan, kecepatan dan percepatan pada perpaduan gerak lurus dengan menggunakan vektor
• Menganalisis besaran kecepatan dan percepatan pada gerak melingkar dengan menggunakan vektor
• Menganalisis besaran perpindahan dan kecepatan pada gerak parabola dengan menggunakan vektor
• Menganalisis vektor percepatan tangensial dan percepatan sentripetal pada gerak melingkar
• Menunjukan Ayat Al Qur'an : Ar rahman 17-29, Al Anbiya 33, Yasin 38,40, Ar raaf 2, Al Isra 77, Al Ahzab 62, Al An'am 115, Al Fath 23
Penugasan, penilaian kinerja (sikap dan praktik), tes tertulis 12 jam Sumber: Buku Fisika yang relevan (Mekanika)
Bahan: bahan presentasi, lembar kerja
Alat: media presentasi,
1.2 Menganalisis keteraturan gerak planet dalam tatasurya berdasarkan hukum-hukum Newton
Hukum Newton tentang Gravitasi
Gaya gravitasi antar partikel
Kuat medan gravitasi dan percepatan gravitasi
Gravitasi antar planet
Hukum Keppler • Mendiskusikan konsep gerak, gaya dan kesimbangan yang terjadi pada sistem tatasurya dan gerak planet melalui berbagai media (misalnya presentasi, simulasi, dan lain-lain)
• Memformulasikan hukum Newton tentang gravitasi, konsep berat, konsep percepatan dan medan gravitasi dalam tatasurya dalam diskusi kelas
• Menganalisis keteraturan sistem tata surya dalam pemecahan masalah gravitasi antar planet, gerak satelit, penerbangan luar angkasa dalam diskusi kelas pemecahan masalah • Menganalisis hubungan antara gaya gravitasi dengan massa benda dan jaraknya
• Menghitung resultan gaya gravitasi pada benda titik dalam suatu sistem
• Membandingkan percepatan gravitasi dan kuat medan gravitasi pada kedudukan yang berbeda
• Menganalisis gerak planet dalam tata surya berdasarkan hukum Keppler
• Menunjukan Ayat Al Qur'an : Ar Rad 2, Al Mursalat 25, Al Baqarah 74, Al Ambiya 31, Lukman 10, Fusilat 20, An Nur 20, Ar Rad 11
Penugasan, tes tertulis 12 jam Sumber: Buku Fisika yang relevan (Mekanika)
Bahan: bahan presentasi, lembar kerja
Alat: media presentasi,
1.3 Menganalisis pengaruh gaya pada sifat elastisitas bahan
Hukum Hooke dan elastisitas
• Melakukan percobaan untuk mengidentifikasi sifat benda elastis
• Memformulasikan konsep gaya pegas, modulus elastisitas, tetapan gaya, dan energi potensial pegas melalui diskusi kelas
• Menganalisis penerapan susunan pegas seri atau paralel dalam kehidupan (misalnya: sock breker, spring bad, peralatan fitness, dan lain-lain)
• Menganalisis penerapan konsep pegas dan prinsip hukum Hooke dalam diskusi pemecahan masalah • Mendeskripsikan karakteristik gaya pada benda elastis berdasarkan data percobaan (grafik)
• Mengidentifikasi modulus elastisitas dan konstanta gaya
• Membandingkan tetapan gaya berdasarkan data pengamatan
• Menganalisis susunan pegas seri dan paralel
• Menunjukan Ayat Al Qur'an : QS 55;7
Penilaian kinerja (sikap dan praktik), tes tertulis 10 jam Sumber: Buku Fisika yang relevan (Mekanika)
Bahan: bahan presentasi, lembar kerja, data hasil percobaan
Alat: media presentasi, statif, beban gantung, mistar, dan pegas
1.4 Menganalisis hubungan antara gaya dengan gerak getaran
Gerak getaran
• Melakukan percobaan untuk mengidentifikasi karakteristik gerak getaran pada pegas (simpangan, amplitudo, periode, dan lain-lain) secara berkelompok
• Memformulasikan hubungan antara simpangan, kecepatan, percepatan, dan gaya pada gerak getaran melalui diskusi kelas
• Menganalisis penerapan konsep dan prinsip pada getaran melalui diskusi pemecahan masalah • Mendeskripsikan karakteristik gerak pada getaran pegas
• Menjelaskan hubungan antara periode getaran dengan massa beban berdasarkan data pengamatan
• Menganalisis gaya simpangan, kecepatan dan percepatan pada gerak getaran
• Menunjukan Ayat Al Qur'an : Az Zukhruf 32, Az Zumar 8, Al Mulk 3, Al Baqarah 201
Penilaian kinerja (sikap dan praktik), tes tertulis 10 jam Sumber: Buku Fisika yang relevan (Mekanika)
Bahan: bahan presentasi, lembar kerja, data hasil percobaan, bahan presentasi
Alat: media presentasi, statif, beban gantung, stopwatch, pegas dan media presentasi
1.5 Menganalisis hubungan antara usaha, perubahan energi dengan hukum kekekalan energi mekanik
Usaha dan energi
• Konsep usaha
• Hubungan usaha dan energi kinetik
• Hubungan usaha dengan energi potensial
• Hukum kekekalan energi mekanik • Merumuskan konsep usaha, energi kinetik, energi potensial (gravitasi dan pegas), dan energi mekanik dan hubungan antara konsep-konsep itu dalam diskusi kelas
• Mendemonstrasikan usaha yang terjadi karena perubahan energi kinetik
• Mendemonstrasikan usaha yang terjadi karena perubahan energi potensial
• Menerapkan prinsip hubungan antara usaha dan energi dalam pemecahan masalah dinamika gerak melalui diskusi kelas
• Mendeskripsikan hubungan antara usaha, gaya, dan perpindahan
• Menghitung besar energi potensial (gravitasi dan pegas) dan energi kinetik
• Menganalisis hubungan antara usaha dan energi kinetik
• Menganalisis hubungan antara usaha dengan energi potensial
• Merumuskan bentuk hukum kekekalan energi mekanik
• Menunjukan Ayat Al Qur'an : An Nur 20, Al Isro 19
Tes tertulis, penugasan 8 jam Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, hasil laporan siswa, bahan presentasi
Alat: media presentasi
1.6 Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik untuk menganalisis gerak dalam kehidupan sehari-hari
Hukum kekekalan energi mekanik
• Penerapan energi mekanik pada gerak jatuh bebas
• Penerapan energi mekanik pada gerak di bidang miring
• Penerapan energi mekanik pada gerak planet/ satelit
• Penerapan energi mekanik pada gerak getaran • Menyelidiki berlakunya hukum kekekalan energi mekanik pada gerak jatuh bebas, parabola dan gerak harmonik sederhana
• Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik dalam memecahkan masalah gerak jatuh bebas, gerak bidang miring, gerak dalam bidang lingkaran, gerak planet/satelit, dan gerak getaran secara berkelompok • Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik pada gerak misalnya gerak jatuh bebas, gerak parabola dan gerak harmonik sederhana
• Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik pada gerak dalam bidang miring
• Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik pada gerak benda pada bidang lingkaran
• Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik pada gerak satelit
• Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik pada gerak getaran
Penugasan, tes tertulis 8 jam Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar masalah, hasil kerja siswa, bahan presentasi
Alat: media presentasi
1.7 Menunjukkan hubungan antara konsep impuls dan momentum untuk menyelesaikan masalah tumbukan
Momentum, impuls, dan tumbukan • Mendiskusikan konsep momentum, impuls, hubungan antara impuls dan momentum dalam diskusi kelas
• Melakukan percobaan hukum kekekalan momentum
• Menganalisis pemecahan masalah tumbukan dengan menggunakan hukum kekekalan momentum • Memformulasikan konsep impuls dan momentum, keterkaitan antar keduanya, serta aplikasinya dalam kehidupan (misalnya roket)
• Merumuskan hukum kekekalan momentum untuk sistem tanpa gaya luar
• Mengintegrasikan hukum kekekalan energi dan kekekalan momentum untuk berbagai peristiwa tumbukan
• Menunjukan Ayat Al Qur'an : An Najm 39-41, Al Baqarah 25, Al Qodiyah 22, Al Qosos 88, Fathir 43, Ar Rahman 26-27
Penilaian kinerja (sikap dan praktik), tes tertulis 12 jam Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, hasil laporan siswa, bahan presentasi
Alat: kereta dinamik, papan luncur, tiker timer, media presentasi


















SILABUS

Nama Madrasah : MA PPMI Assalaam
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : XI/2
Standar Kompetensi : 2. Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber/ Bahan/Alat
2.1 Menformulasikan hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia, berdasarkan hukum II Newton serta penerapannya dalam masalah benda tegar
Keseimbangan benda tegar dan titik berat
Dinamika rotasi
• Mendorong benda dengan posisi gaya yang berbeda-beda untuk medefinisikan gaya dan momen gaya melalui kegiatan demonstrasi kelas
• Merumuskan dan menerapkan keseimbangan benda titik dan benda tegar dengan menggunakan resultan gaya dan momen gaya dalam diskusi kelas
• Melakukan percobaan titik berat benda homogen dan keseimbangan secara berkelompok di kelas/ laboratorium
• Merumuskan dan menerapkan konsep momen inersia dan dinamika rotasi dalam diskusi pemecahan masalah di kelas
• Merumuskan dan menerapkan hukum kekekalan momentum sudut dalam diskusi pemecahan masalah di kelas • Memformulasikan pengaruh torsi pada sebuah benda dalam kaitannya dengan gerak rotasi benda tersebut
• Mengungkap analogi hukum II Newton tentang gerak translasi dan gerak rotasi
• Menggunakan konsep momen inersia untuk berbagai bentuk benda tegar
• Memformulasikan hukum kekekalan momentum sudut pada gerak rotasi
• Menerapkan konsep titik berat benda dalam kehidupan sehari-hari
• Menunjukan Ayat Al Qur'an : Al Qoshos 77, Al Mulk 3, Al Isro' 29, As Syuraa 17, Al Hasr 19, Al Furqan 67, Al Baqarah 143 Penilaian kinerja (sikap dan praktik), tes tertulis 20 jam
Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, hasil kerja siswa, bahan presentasi
Alat: kertas karton, neraca, statif, dan media presentasi
2.2 Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statick dan dinamik serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Fluida statik
Fluida dinamik • Menerapkan konsep tekanan hidrostatis, prinsip hukum Archimedes dan hukum Pascall melalui percobaan
• Melakukan percobaan tentang tegangan permukaan, kapilaritas, dan gesekan fluida
• Mendiskusikan penerapan kosep dan prisip fluida statis dalam pemecahan masalah
• Membuat alat peraga atau demonstrasi penerapan hukum Archimedes dan/atau hukum Pascall secara berkelompok
• Mendiskusikan karakteristik fluida ideal, asas kontinuitas, dan asas Bernoulli dan penerapannya secara klasikal dalam memecahkan masalah
• Membuat alat peraga atau demonstrasi penerapan asas Bernoulli secara berkelompok


• Memformulasikan hukum dasar fluida statik
• Menerapkan hukum dasar fluida statik pada masalah fisika sehari-hari
• Memformulasikan hukum dasar fluida dinamik
• Menerapkan hukum dasar fluida dinamik pada masalah fisika sehari-hari
• Menunjukan Ayat Al Qur'an : Al Furqon 2, Al Mujaadalah 11, Al Fathir 12, An Nahl 79, Al Hasr 21
Penilaian kinerja (sikap dan praktik), hasil karya (produk), tes tertulis 16 jam Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, hasil kerja siswa, bahan presentasi
Alat: hidrometer, gelas ukur, neraca, media presentasi


SILABUS

Nama Madrasah : MA PPMI Assalaam
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : XI/2
Standar Kompetensi : 3. Menerapkan konsep termodinamika dalam mesin kalor
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber/ Bahan/Alat
3.1 Mendeskripsikan sifat-sifat gas ideal monoatomik
Teori kinetik gas
• Persamaan umum gas
• Tekanan dan energi kinetik gas
• Merumuskan hubungan antara tekanan, volume, suhu, kecepatan, dan energi kinetik dalam diskusi kelas
• Menerapkan konsep tekanan, volume, suhu, kecepatan, dan energi kinetik dalam diskusi pemecahan masalah • Mendeskripsikan persamaan umum gas ideal pada persoalan fisika sehari-hari
• Menerapkan persamaan umum gas ideal pada proses isotermik, isokhorik, dan isobarik
• Menunjukan Ayat Al Qur'an : Yunus 101, Ar Rum 48

Penugasan, test tertulis 14 jam Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, bahan presentasi
Alat: media presentasi
3.2 Menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum termodinamika
Termodinamika
• Hukum utama termodinamika
• Mesin Carnot • Menghitung usaha, kalor, dan/atau energi dalam dengan menggunakan prinsip hukum utama termodinamika dalam diskusi kelas
• Menganalisis karakteristik proses isobarik, isokhorik, isotermik, dan adiabatik dalam diskusi kelas
• Menghitung efisiensi mesin kalor dan koefiseien performans mesin pendingin Carnot dalam diskusi pemecahan masalah • Mendeskripsikan usaha, kalor, dan energi dalam berdasarkan hukum utama termodinamika
• Menganalisis proses gas ideal berdasarkan grafik tekanan-volume (P-V)
• Mendeskripsikan prinsip kerja mesin Carnot
• Menunjukan Ayat Al Qur'an : An Nisaa 162, Alam Nasrah 7, Al Hujurat 7
Penugasan, test tertulis
14 jam Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, bahan presentasi
Alat: media presentasi

0 komentar:

Posting Komentar

 
 

© Bluberry Template Copyright by TeChNoloGi PeNdiDikan

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks